Rabu, 12 September 2012

Tips Panjang Umur Ala Orang Jepang

Ketika orang berusaha mencari cara agar bisa memperoleh hidup sehat semata-mata agar hidupnya bisa menjadi panjang umur. Untuk bisa membuat panjang umur tentu gaya hidup kita pun harus dikontrol, jangan makan sembarangan, dan menghindari hal-hal yang berakibat buruk pada kesehatan terutama kebanyakan orang Indonesia sering menghisap rokok bahkan jika diharuskan melakukan perbandingan mungkin hanya 2 dari 10 orang yang tidak merokok, nah untuk itu kebiasaan ini harus bisa kita hindari.

Jika Anda mengenal dengan orang-orang Jepang, mereka bisa memiliki umur harapan hidup selama 86 tahun untuk wanita dan 79 tahun untuk pria. Maka tidak heran jika Jepang disebut-sebut sebagai negara yang orangnya memiliki umur harapan hidup terpanjang di dunia. Hal ini dikarenakan orang Jepang memiliki kebiasaan sehat yang belum dipunyai orang-orang di negara lain. Maka di bawah ini akan diinformasikan 8 kebiasaan Warga Jepang yang bisa juga kita tiru agar memiliki harapan hidup yang panjang :

Kebiasaan Orang Jepang yang Membuat Panjang Umur


sayuran makanan sehat, panjang umur dengan makanan sehat

1) Konsumsi variasi karbohidrat
Orang Jepang dikenal sangat selektif dalam menjaga kadar karbohidrat yang masuk dalam tubuhnya. Mereka juga selalu memvariasikan makanan yang mengandung karbohidrat. Tidak seperti kita yang memakan nasi 3 kali sehari, sebagian besar orang Jepang punya cukup banyak pilihan karbohidrat selain nasi, di antaranya udon (mie dari beras), soba (mie dari buckle wheat), dan sereal. Hal ini membantu mereka agar kadar karbohidrat dalam tubuh mereka tidak berlebihan.

2) Menyukai sayuran
Orang Jepang sangat suka sayuran. Sudah jadi pengetahuan umum bahwa sayuran sangat bagus bagi kesehatan. Itulah mengapa Jepang memiliki prestasi kesehatan yang terbaik di dunia. Hampir sebagian besar komposisi diet makanan di Jepang adalah sayur, mulai dari acar sayur, salad hingga tumis sayur.

3) Mengolah makanan secara sederhana
Cara pengolahan makanan yang sederhana adalah direbus, dipanggang, atau ditumis sebentar. Dan inilah yang dilakukan sebagian besar orang Jepang dalam memasak makanannya. Dengan cara masak seperti ini, makanan tidak akan melalui proses panjang memasak sehingga kerusakan yang terjadi maupun radikal bebas yang terbentuk dari setiap proses memasak akan menjadi sangat minimal. Dan hal ini membuat kualitas makanan terjaga dengan baik.

4) Menguyah makanan secara perlahan
Kuliner Jepang dikenal sebagai kuliner yang menyajikan makanan dengan sangat cantik. Faktor kecantikan makanan inilah yang membuat orang Jepang makan lebih lambat agar bisa menikmati kecantikan sajian makanan itu. Lalu, mengapa mengunyah makanan secara perlahan bagus untuk kesehatan? Karena otak membutuhkan waktu sekitar 20 menit untuk menyatakan bahwa perut sudah kenyang, dan saluran pencernaan pun memiliki waktu yang cukup untuk mencerna dengan baik setiap masakan yang masuk.

5) Makan dengan porsi-porsi kecil
Orang Jepang terbiasa makan dengan piring dan mangkuk kecil. Sebuah penelitian menemukan fakta bahwa manusia cenderung tidak bisa mengukur apa yang mereka makan dan mereka pun cenderung akan memakan apa pun yang disediakan. Maka, kebiasaan orang Jepang memilih tempat makan mungil ini dipercaya membantu mereka dalam mengontrol porsi makannya. Penyediaan makanan ala Jepang ini (dengan porsi-porsi kecil), membuat seseorang terlatih untuk menakar makanan dan hanya makan sesuai dengan porsi yang dibutuhkan.

6) Berjalan kaki
Kebiasaan berjalan kaki sangat baik untuk menurunkan kolesterol jahat (LDL), meningkatkan kolesterol baik (HDL), menurunkan tekanan darah tinggi, menurunkan risiko diabetes militus tipe 2, menjaga berat badan, dan juga meningkatkan mood dan stamina.

Dan kebiasaan baik ini bisa dikatakan sudah "mendarah daging" dalam masyarakat Jepang. Berjalan kaki bahkan menjadi salah satu keterampilan survival yang diajarkan pada anak-anak Jepang sedari kecil. Dengan kebiasaan yang dilatih sejak kecil ini, maka setiap orang terbiasa berjalan kaki dengan jarak yang jauh. Orang Jepang minimal menghabiskan 1 jam dalam sehari untuk berjalan.

7) Minum teh hijau
Kebiasaan sehat orang Jepang lainnya adalah meminum teh hijau, yang dikenal memiliki aktivitas antioksidan cukup tinggi. Menurut hasil penelitian, antioksidan catechin dan senyawa EGCG di dalam teh hijau bisa mempercepat metabolisme tubuh manusia. Sehingga nutrisi makanan dan kalori dalam tubuh bisa segera diproses menjadi energi yang dibutuhkan tubuh untuk melakukan aktivitas. Minum teh hijau juga bisa mengurangi risiko terkena penyakit jantung, osteoporosis, juga kanker.

8) Makan ikan dan rumput laut
Di kesehariannya, orang Jepang terbiasa makan ikan tuna, makarel, dan salmon. Ketiga jenis ikan ini diyakini mengandung asam lemak omega-3, yang dapat mengurangi risiko penyakit jantung dan kanker payudara. Sementara rumput laut yang juga menjadi salah satu bahan utama masakan orang Jepang, kaya akan vitamin yang sangat berguna bagi kesehatan.

Dengan kebiasaan orang Jepang yang mampu berdampak pada umur harapan hidup yang lebih baik, maka kita bisa mengikuti gaya hidup sehat orang jepang seperti yang sudah dijelaskan di atas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar