Kamis, 27 September 2012

Manfaat Tomat Bagi Kesehatan

Tomat yang sering kita jumpai pada beberapa makanan sayur ini memiliki banyak khasiat, siapa sangka kalau tomat yang biasa hanya sebagai penyedap makanan saja ternyata banyak manfaat untuk kesehatan. Jadi Anda tidak perlu risih jika pada sayuran yang akan Anda makan terdapat tomatnya, karena itu bisa bermanfaat untuk kesehatan. Namun selain sebagai penyedap pada makanan, Tomat pun sering dijadikan minuman Jus, warnanya yang merah dan rasanya yang manis dan sedikit masam ini membuat terasa segar ditenggorokan.

Manfaat Tomat

Manfaat Tomat Bagi Kesehatan

  1. Tomat diperkaya dengan vitamin C, sebuah nutrisi yang menjaga sistem kekebalan tubuh Anda tetap kuat.
  2. Tomat mengandung phytonutrient (nutrisi yang didapatkan dari tumbuhan termasuk buah) yang disebut likopen yang telah terbukti dalam beberapa penelitian melawan penuaan dan memiliki sifat-sifat antikanker. Likopen efektif untuk melawan kanker prostat dan usus besar.
  3. Likopen yang terkandung di dalam tomat juga membantu melawan kerusakan gen yang berpotensi menimbulkan penyakit.
  4. Tomat merangsang terbentuknya asam amino karnitina yang terbukti dalam penelitian mempercepat pembakaran lemak dalam tubuh lebih dari 30 persen.
  5. Penelitian menunjukkan likopen yang terkandung di dalam tomat, kalau dikonsumsi secara teratur, dapat mengurangi risiko serangan jantung hingga 29 persen.
  6. Kurangnya asupan likopen dalam makanan yang dikonsumsi wanita menopause dikaitkan dengan osteoporosis.
  7. Tomat segar dan ekstrak tomat terbukti dalam penelitian dapat menurunkan total kolesterol, kolesterol LDL (kolesterol jahat), dan trigliserida. Tomat juga terbukti dapat mencegah penggumpalan darah (dikenal sebagai agregasi trombosit), yang merupakan faktor risiko untuk aterosklerosis
  8. Tomat juga mengandung phytonutrient lain, termasuk betakaroten, lutein, dan zeaksantin, yang baik untuk mata dan membantu melindungi mata Anda dari degenerasi.
  9. Membantu menurunkan resiko gangguan jantung.
  10. Menghilangkan kelelahan dan menambah nafsu makan
  11. Menghambat pertumbuhan sel kanker pada prostat, leher rahim
    payudara dan endometrium.
  12. Memperlambat penurunan fungsi mata karena pengaruh usia
    (age-related macular degeneration).
  13. Mengurangi resiko radang usus buntu.
  14. Membantu menjaga kesehatan organ hati, ginjal, dan mencegah
    kesulitan buang air besar.
  15. Menghilangkan jerawat.
  16. Mengobati diare.
  17. Meningkatkan jumlah sperma pada pria.
  18. Memulihkan fungsi lever.
  19. Mengatasi kegemukan.
Sebagian orang mengatakan tomat seharusnya dimakan setelah dimasak untuk mendapatkan nutrisi yang maksimal. Itu tidak sepenuhnya benar. Meski likopen diserap maksimal dari tomat yang sudah dimasak, vitamin C dan enzim-enzim lain yang terkandung dalam tomat paling banyak terkandung pada tomat yang tidak dimasak.

Namun akan sangat baik jika Anda mengkonsumsinya baik dalam bentuk tomat yang telah dimasak maupun tanpa dimasak. Itulah Manfaat Tomat yang bisa Anda peroleh jika mengkonsumsinya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar