Jumat, 28 September 2012

5 Cara Mengatasi Kebiasaan Diet yang Mengganggu

Bagi orang yang memiliki kelebihan berat badan tentu pertama yang dipikirkan adalah ingin menurunkan berat badan dengan cara Diet. Namun banyak orang yang memutuskan untuk berhenti melakukan program diet karena merasa tersiksa dengan kebiasaan diet. Dalam hal ini pintar-pintarlah untuk memilih metode diet yang tepat dan jangan sampai mengganggu kehidupan Anda sehari-hari, jadi dengan begitu Anda akan lebih nyaman melakukan program diet.
Berikut ini 5 Cara Mengatasi Kebiasaan diet yang mengganggu, dilansir dari DetikHealth :

Mengatasi Kebiasaan Diet yang Mengganggu

kebiasaan diet ketat yang mengganggu

1. Minum lebih banyak
Cara diet dengan minum lebih banyak air mungkin membuat Anda terganggu karena harus berulangkali pergi ke toilet untuk buang air kecil. Sebenarnya yang Anda perlukan untuk menurunkan berat badan adalah menjaga agar tubuh tetap terhidrasi agar metabolisme tubuh lancar.

Agar tetap terhidrasi, seseorang perlu minum air hingga 8 gelas setiap hari. Jika metabolisme tubuh lancar, makanan yang Anda makan akan tercerna dengan baik dan kalori dimanfaatkan secara maksimal oleh tubuh, sehingga mencegah penumpukan kalori yang menyebabkan kegemukan.

2. Jangan makan setelah pukul 18.30
Makan malam yang terlalu larut memang dapat menyebabkan penambahan berat badan karena ketika Anda pergi tidur, seluruh tubuh juga akan beristirahat sementara makan malam Anda belum tercerna dengan baik.

Tetapi cara diet yang melarang seseorang makan setelah pukul 18.30, dapat membuat Anda tersiksa karena menahan lapar sepanjang malam dan tidak dapat tidur dengan nyenyak. Dengan padatnya aktivitas dan sibuknya pekerjaan, seseorang mungkin akan memiliki waktu untuk mengambil makan malam sekitar pukul 19.00.

Cara yang tepat adalah dengan mengakali makan malam Anda dengan memilih makanan yang lebih ringan, misalnya sayuran kukus, tahu atau ayam tanpa lemak. Makan terlalu berat di malam hari membuat makanan tidak tercerna dengan sempurna.

3. Menghindari makan makanan penutup
Melewatkan makanan penutup favorit mungkin akan membuat Anda menyesal dan menganggap bahwa program diet yang Anda jalani begitu menyiksa. Jika Anda ingin makan makanan penutup, pilihlah makanan utama yang menawarkan kalori lebih rendah.

Sehingga Anda dapat mengambil makanan penutup yang manis dan mengandung kalori lebih tinggi. Tetapi makanlah secukupnya saja dan jangan berlebihan agar diet penurunan berat badan yang Anda jalani sukses.

4. Menyiapkan menu sarapan pagi sebelum berangkat kerja
Sarapan pagi adalah kunci kesuksesan diet penurunan berat badan karena Anda dapat memulai hari dengan penuh energi dan mencegah kelaparan dan makan siang yang berlebihan.

Tetapi bagi pekerja yang sibuk, mungkin tidak akan memiliki waktu untuk menyiapkan menu makanan ideal untuk sarapan seperti bubur dan membuat Anda terpaksa melewatkan sarapan. Yang perlu Anda lakukan adalah mengambil makanan sehat lain yang mudah untuk disiapkan seperti muffin atau sereal gandum dengan kacang-kacangan dan biji-bijian.

5. Menghindari makan camilan
Banyak orang akan merasa kesulitan untuk menahan diri dari keinginan ngemil makanan ringan. Tetapi para ahli gizi sepakat menyatakan bahwa makan makanan dalam porsi kecil secara teratur dapat menjaga dan meningkatkan metabolisme tubuh.

Camilan baik untuk mencegah seseorang makan terlalu banyak ketika memasuki waktu makan besar. Pilihlah camilan sehat seperti kacang-kacangan dan buah kering yang mengandung protein dan membantu Anda merasa kenyang lebih lama hingga waktu makan tiba.

Dengan Menghindari kebiasaan diet yang mengganggu maka Anda bisa lebih nyaman untuk menjalankan program diet dengan enjoy.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar