Sabtu, 15 September 2012

7 Manfaat Teh Untuk Kesehatan

Teh merupakan minuman yang berasal dari tanaman dengan nama teh juga. Tentu Anda sudah pernah meminum teh kan? Minuman yang sangat khas disajikan di pagi hari ini ternyata banyak manfaatnya untuk tubuh kita, sepertinya sudah pada banyak yang tahu manfaat dari teh namun mungkin belum terlalu rinci, nah untuk itu pada kali ini akan kami rinci berbagai macam manfaat teh yang baik bagi kesehatan.

Teh mengandung banyak antioksidan polifenol yang bernama katekin yang berfungsi mencegah kanker. Studi terbaru bahkan menunjukkan bahwa minum teh juga bermanfaat untuk jantung. Di bawah ini akan diberikan lebih banyak lagi tentang manfaat dari Teh.

7 Manfaat Teh Untuk Kesehatan

manfaat teh untuk kesehatan, teh hitam

1. Mencegah penyakit jantung
European Journal of Clinical Nutrition mempublikasikan sebuah penelitian yang menunjukkan bahwa, minum 3 gelas teh atau lebih setiap harinya bermanfaat untuk mencegah tubuh dari serangan jantung. Ini dikarenakan teh yang memiliki banyak kandungan antioksidan di dalamnya. Selain itu, penelitian ini juga didukung sebuah studi dari University of Maryland Medical Center yang menunjukkan bahwa teh hijau dan teh hitam memiliki efek pencegah aterosklerosis (radang pada pembuluh darah).

2. Menurunkan tekanan darah
Manfaat teh yang satu ini sangat dibutuhkan bagi penderita diabetes. Sebuah studi dari Archives of Internal Medicine, melaporkan bahwa rutin minum teh hitam setiap harinya bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah bagi penderita tekanan darah tinggi. Penelitian ini dilakukan dengan membagi partisipan menjadi dua kelompok. Kelompok pertama minum teh hitam secara rutin 3x sehari, lalu kelompok kedua minum minuman kafein yang rasanya seperti teh. Setelah 6 bulan, didapatkan hasil bahwa kelompok pertama memiliki tekanan darah yang jauh lebih rendah daripada kelompok kedua.

3. Memperkuat sistem kekebalan tubuh
Berdasarkan penelitian dari Linus Pauling Institute, minum teh (khususnya teh hijau), dapat merangsang pertumbuhan sel T regulator. Sel ini memiliki perang penting dalam menguatkan sistem kekebalan tubuh.

4. Mengecilkan tumor
Sebuah uji coba yang dilakukan di scotlandia, menemukan bahwa kandungan flavonoid dalam teh hijau, yaitu EGCG, dapat menyusutkan tumor. "Ekstrak teh hijau mampu menyusutkan berbagai jenis tumor setiap harinya, bahkan dalam beberapa kasus senyawa ini dapat menghilangkan tumor itu sepenuhnya," ujar Dr. Christine Dufes dari Strathclyde Institute of Pharmacy and Biomedical Sciences.

5. Mengurangi dehidrasi
Kebanyakan orang berasumsi bahwa minum minuman berkafein dapat menyebabkan dehidrasi. Namun laporan dari European Journal of Clinical Nutrition menunjukkan bahwa minum teh maupun kopi tetap memiliki cairan yang berfungsi hidrasi atau berfungsi menghilangkan haus.

6. Mengobati kanker prostat
Penelitian yang dilakukan University of Missouri menemukan kombinasi antara teh hijau dan emas berguna untuk melawan sel-sel tumor kanker prostat. Senyawa teh hijau berfungsi sebagai 'pemasok' yang membawa nanopartikel emas radioaktif agar masuk ke dalam tubuh. Emas itu kemudian dapat membunuh sel-sel kanker. Studi yang dipublikasikan Proceedings of the National Academy of Sciences ini menunjukkan bahwa metode teh hijau dan teh emas tersebut mampu mengurangi ukuran tumor hingga 80 persen pada tikus.

7. Menurunkan berat badan
Minum teh hijau lima gelas setiap hari ternyata dapat menurunkan jumlah lemak, khususnya lemak dalam perut. Pernyataan dipublikasikan oleh Journal of Nutrition.

Dengan banyaknya manfaat Teh untuk kesehatan maka Anda tidak perlu ragu untuk meminumnya, karena dengan teh Anda sudah melakukan salah satu Cara Hidup Sehat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar