Kamis, 06 September 2012

Cara Efektif Menghilangkan Karang Gigi

Cara Efektif Menghilangkan Karang Gigi - Memiliki gigi yang tidak sehat bukan menjadi sebuah keinginan, namun bagaimana jika saat ini sebenarnya gigi Anda mengalami hal yang tidak sehat. Salah satu keluhan yang sering terjadi pada gigi yaitu adanya karang gigi. Adanya karang gigi akan sangat mengganggu baik pada penampilan maupun kesehatan, untuk itu ada baiknya Anda hilangkan karang gigi yang ada. Berikut ini sepintas akan saya berikan informasi seputar "apa itu karang gigi" dan "cara menghilangkan karang gigi".

Karang Gigi


Karang gigi atau "kalkulus" terbuat dari plak dan zat kapur yang berada di air liur. Plak sendiri terdiri dari lapisan bening di gigi ( perikel ) dan kuman. Di dalam mulut kita terdapat lebih dari 350 jenis kuman yang dapat menyebabkan karies. Jika di gigi atau sela-sela gigi terdapat banyak makanan yang tidak di bersihkan maka kuman akan mencerna makanan tersebut, lama-kelamaan akan menyebabkan karang gigi.

Selain Masalah Gigi Berlubang (karies) Karang Gigi merupakan penyebab kedua hilangnya gigi. Karang gigi menjadi tempat melekatnya bakteri. Akibatnya timbul berbagai penyakit gusi, misalnya radang gusi (gingivitis). Tandanya gusi berwarna merah mengkilat, licin, agak bengkak dan sering berdarah bila disentuh atau saat menggosok gigi.

Cara Menghilangkan Karang gigi


cara menghilangkan karang gigi, karang gigi

  • Menyikat dan membersihkan gigi dengan benar minimal dua kali sehari. Tiap kali menggosok gigi jangan lupa untuk membersihkan bagian gusi.  caranya dengan gusi bagian atas dengan menggosoknya ke arah atas ke bawah, sedangkan untuk gusi rahang bawah dari arah bawah ke atas.
  • Dengan biji asam kawak dapat membantu untuk menghilangkan karang gigi. Caranya dengan menghaluskan biji asam kawak dengan memblender atau di tumbuk, bubuk dari asam kawak dapat di gunakan untuk menggosok karang gigi dengan menggunaka sikat gigi atau kapas.
  • Cengkeh dapat menghilangkan karang gigi dengan cara ambil cengkeh kurang lebih 7 buah, lalu tumbuk halus dan hasilnya digunakan untuk menggosok karang gigi. Bubuk cengkeh dapat pula di gunakan untuk berkumur-kumur.
  • Konsumsi buah apel tanpa dikupas kulitnya akan membantu membersihkan karang gigi, selain bermanfaat dalam kandungan gizinya sekaligus dapat menjaga gigi dari plak. Lakukan secara rutin.
Dengan melakukan cara-cara di atas mudah-mudahan bisa membantu mempercepat menghilangkan karang gigi Anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar