Minggu, 02 September 2012

Rambut Rontok Akibat Kekurangan Zat Besi

Rambut Rontok Akibat Kekurangan Zat Besi,rambut rontok,kekurangan zat besi

Rambut Rontok Akibat Kekurangan Zat Besi - Jika kita masih ingat ada pepatah mengatakan bahwa rambut merupakan mahkota kepala, hal itu menandakan begitu pentingnya sebuah rambut pada penampilan. Kadang kita akan merasakan malu pada saat rambut terlihat kusam dan tidak sehat, terlebih lagi jika mengalami kerontokan pastinya akan merasa kesal dan bingung dibuatnya. Rambut yang rontok sebenarnya ada beberapa penyebab yaitu usia, penyakit alopecia, ketidakseimbangan hormon, stres, kondisi medis, konsumsi obat tertentu atau kekurangan gizi seperti zat besi.

Kerontokan rambut sebenarnya merupakan hal yang biasa terjadi karena siklus pertumbuhan rambut, namun pada saat rontok rambut yang terlalu berlebih maka hal itu patut Anda curigai dan cari penyebabnya. Normalnya rambut rontok terjadi pada 100 helai rambut perhari, dan rambut bertahan 4,5 tahun sebelum akhirnya rambut rontok, namun jika rambut yang rontok melebihi jumlah tersebut perlu Anda ketahui penyebabnya karena itu sudah tidak normal lagi.

Berbeda hal seperti biasanya yang menganjurkan Anda untuk mengonsumsi obat tertentu agar tidak rontok, lain halnya jika rontok karena kekurangan zat besi. Karena jika benar itu karena kekurangan zat besi maka yang perlu Anda lakukan adalah mengubah pola makan/gaya hidup Anda. Artinya Anda perlu memilih makanan yang benar-benar menyehatkan untuk rambut Anda.

Kekurangan zat besi bisa diatasi dengan banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung zat besi seperti oatmeal, daging terutama hati dan daging merah, kacang kedelai dan sayuran berdaun hijau seperti bayam. Kekurangan zat besi pun akan mempengaruhi anemia, memicu terjadi kelelahan ekstrim, tubuh lemah, pusing, dan sulit konsentrasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar