Sabtu, 15 September 2012

7 Tips Tidur yang Sehat

Tidur merupakan cara yang sangat baik untuk membuat tubuh kita beristirahat. Namun tidur pun ada caranya agar tidur Anda lebih berkualitas, dan ketika bangun dipagi hari Anda akan merasakan badan yang lebih segar dan nyaman untuk melanjutkan aktifitas selanjutnya. Ada berbagai hal yang bisa membuat kualitas tidur Anda menjadi kurang bagus, dan bisa mengakibatkan badan lemas dan masih ngantuk. Anda juga tentunya tidak mau kan jika tidur Anda ternyata sia-sia. Untuk itu ada beberapa pantangan sebelum tidur yang bisa Anda lakukan agar tidur sehat Anda terjaga.

7 Tips Tidur yang Sehat

tidur sehat, tidur nyenyak, nyaman

1. Jangan berolah raga
Olahraga adalah kegiatan yang baik dilakukan. Namun waktunya tentu bukan sebelum tidur.
Kegiatan olah tubuh sebelum tidur akan meningkatkan suhu tubuh. Ini membuat Anda menjadi lebih sulit tidur. Waktu terbaik untuk berolahraga adalah di pagi hari.

2. Matikan semua perangkat elektronik
Apakah Anda salah satu dari orang-orang sering terhubung dengan alat elektronik seperti televisi, laptop, atau ponsel sebelum tidur? Menurut penelitian, ini kebiasaan yang tidak baik karena cahaya dari layar dapat menghentikan perkembangan melatonin dalam tubuh Anda. Melatonin adalah hormon yang membantu Anda tertidur di malam hari.

3. Jangan mandi air panas
Mandi dengan air panas atau dengan air biasa dapat membuat diri kita lebih beristirahat dan bersantai. Namun, seperti olahraga, mandi air panas atau mandi bakal menaikkan suhu tubuh.
Akibatnya, Anda akan merasa terlalu panas atau berkeringat. Tentu ini bakal membuat Anda semakin sulit untuk tidur. Sebaiknya biarkan tubuh Anda menjadi dingin sebelum tidur.

4. Jangan minum cairan
Minum apapun -bahkan air putih sekalipun, sebaiknya tidak dilakukan sebelum tidur karena menyebabkan Anda harus ke kamar mandi pada istirahat malam. Tentu ini akan merusak tidur Anda.

5. Bekerja
Bekerja sebelum tidur dapat merangsang otak. Hal ini juga menyebabkan Anda stres. Dengan demikian, Anda akan memiliki kesulitan untuk tidur.

6. Membaca buku yang menarik
Kebiasaan membaca buku yang menarik sebelum tidur bisa membuat Anda menunda tidur. Akhirnya, Anda akan tetap bangun sepanjang malam untuk menyelesaikan buku itu. Akibatnya, esok harinya Anda masih merasa kantuk.

7. Tidak berbicara serius
Ketika Anda memiliki tema serius untuk didiskusikan dengan pasangan atau teman Anda, bicarakanlah di pagi hari. Penelitian menunjukkan bukan ide yang baik untuk tidur setelah pengalaman traumatis atau argumen karena akan mempengaruhi emosi Anda. Setelah diskusi serius, emosi Anda akan tinggi, sehingga Anda akan memiliki waktu yang sulit untuk tertidur.

Nah itu dia 7 Tips Tidur yang Sehat agar tidur Anda lebih nyenyak dan berkualitas, sehingga Anda bisa menjalankan aktifitas dengan segar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar