Senin, 10 September 2012

Manfaat Daun Sirih untuk Kesehatan

Daun Sirih merupakan tanaman yang sangat populer dan asli dari Indonesia, dan sirih dikenal sebagai tanaman yang memiliki sejuta khasiat bagi kesehatan. Sirih dengan nama latin (Piper betle L./Chavica aurculata Miq) memiliki berbagai macam jenisany yaitu Sirih Jawa, Sirih Cengkeh, Sirih Belanda, Sirih Hitam, dan Sirih Kuning. Indonesia sendiri memiliki budaya dari orang terdahulu yang sering mengunyah sirih dengan gambir, pinang, dll, hal ini tentusaja ada manfaatnya yaitu untuk kesehatan gigi. Namun disamping itu ternyata manfaat daun sirih masih banyak lagi loh, berikut ini kelanjutannya :

Manfaat Daun Sirih untuk Kesehatan

manfaat daun sirih, daun sirih
 
  1. Daun Sirih untuk menghilangkan bau mulut dan mencegah kerusakan gigi. Sediakan 1 lembar daun sirih, cuci bersih, lalu kunyah selama beberapa menit. Lakukan resep ini selama 2-3 kali sehari. Jika Anda tidak tahan dengan aroma saat mengunyah sirih, Anda dapat menggunakan air rebusan daun sirih untuk berkumur setiap selesai makan.
  2. Daun Sirih untuk Obat batuk. Untuk mendapatkan manfaat daun sirih ini, Anda perlu menyediakan 5 lembar daun sirih, 11 biji cengkeh, 11 biji kemukus, dan 11 biji kapulaga, serta kayu manis seukuran jari tangan. Cuci semua bahan tersebut dan rebus kedalam 2 gelas air. Tunggu hingga air yang tersisa tinggal 1,5 gelas. Saring airnya dan minum 3 kali sehari.
  3. Daun Sirih untuk mengobati Keputihan. Manfaat daun sirih untuk mencegah atau mengobati penyakit keputihan telah banyak dikenal oleh masyarakat luas. Anda dapat membuatnya dengan merebus beberapa lembar daun sirih, cuci bersih, rebus dan gunakan airnya untuk cebok. Selanjutnya buat resep untuk diminum dengan menyediakan beberapa lembar daun sirih, kunyit, sambiloto/tapak liman, dan kumis kucing. Rebus semua bahan tersebut, saring airnya, lalu minum setiap hari hingga keputihan yang Anda derita sembuh.
  4. Menghilangkan Bau Badan. Ambil 5 lembar daun sirih dan rebus dengan 2 gelas air. Tunggu sampai tersisa menjadi satu gelas. Minum pada siang hari.
  5. Obat Luka Bakar. Ambil daun sirih secukupnya dan cuci bersih. Peras airnya dan tambahkan sedikit madu. Bubuh-kan ke tempat luka bakar.
  6. Obat Mimisan. Siapkan 1 lembar daun sirih yang agak muda, kemudian memarkan dan gulung. Sumbatkan hidung yang berdarah.
  7. Obat Bisul. Ambil daun sirih secukupnya dan cuci bersih. Setelah itu giling sampai halus dan dioleskan pada bisul. Balut dan ganti 2 x sehari.
  8. Obat Sariawan. Ambil 1-2 lembar daun sirih kemudian cuci bersih. Kunyah sampai lumat dan buang ampasnya setelah selesai.
  9. Obat Jerawat. Ambil 7-10 lembar daun sirih , cuci bersih dan tumbuk halus. Seduh dengan dua gelas air panas. Gunakan air tersebut untuk mencuci muka. Lakukan 2-3 x sehari.
  10. Mengobati ASI Berlebih. Ambil beberapa daun sirih, cuci bersih dan olesi dengan minyak kelapa.  Kemudian hangatkan di atas api sampai layu. Tempelkan di seputar payudara yang bengkak selagi masih hangat.
Sebenarnya masih banyak lagi manfaat dari daun sirih, dan semoga Informasi manfaat daun sirih ini bisa bermanfaat untuk Anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar