Selasa, 25 September 2012

10 Manfaat Air Putih yang tidak terduga

Banyak dokter yang menyarankan untuk lebih banyak minum air putih, karena manfaat air putih dirasa sangat berguna bagi kesehatan tubuh dan melancarkan pencernaan. Kadang tidak sedikit juga yang malas untuk meminum air, dan malah memilih minum minuman yang berasa seperti sirup, dan minuman lainnya. Padahal sebenarnya akan sangat berguna sekali jika Anda sering meminum air putih, dan yang banyak disarankan bahwa minum air putih 2 sd 3 liter/hari.

Manfaat Minum Air Putih

manfaat air putih

1. Meningkatkan energi
Kegiatan seharian pasti membuat kita kelelahan. Sebagian orang percaya minuman berenergi cukup untuk mengganti energi mereka seharian. Padahal sebenarnya minum air putih yang cukup dapat meningkatkan energi yang baru dan membuat tubuh lebih segar. Jadi masih lebih bermanfaat air putih dibandingkan minuman yang lain.

2. Mengeluarkan racun
Air dapat membantu untuk mengeluarkan racun yang mengendap dalam tubuh seperti usus dan ginjal. Racun-racun tersebut dibuang melalui urin. Dengan banyak minum air putih, maka kinerja organ tubuh kita akan semakin baik.

3. Menjaga berat badan
Minum air putih juga dapat menahan nafsu makan. Sehingga berat badan kita tetap dalam kondisi yang baik.

4. Menyehatkan kulit
Jangan lupa bahwa air juga dapat membuang racun-racun dalam tubuh termasuk kulit. Banyak minum air dapat membuat kulit kita lebih segar dan cerah sepanjang hari.

5. Tulang yang sehat
Air yang cukup bisa membantu untuk membuat sel-sel tulang yang baru. Sehingga kesehatan tulang kita tetap terjaga.

6. Menjaga fungsi pencernaan
Air juga dapat membuat sistem pempungan limbah efisien dalam pencernaan, sehingga sistem pencernaan nutrisi tubuh kita juga semakin baik.

7. Meningkatkan fungsi otak
Air juga membantu otak bekerja dengan optimal. Karena otak kita ternyata mengeluarkan energi listrik, air dapat membuat fungsi listrik ini lebih maksimal.

8. Mengobati Sembelit
Sembelit merupakan masalah klasik pada pencernaan yang disebabkan oleh kurangnya jumlah air yang ada pada tubuh, hal ini menyebabkan berkurangnya gerakan usus sehingga menyebabkan sembelit. Minumlah setidaknya satu gelas air hangat saat pagi hari untuk melancarkan gerakan usus dan mencegah sembelit.
9. Mempercepat Aliran Darah
Manfaat air putih bila dikonsumsi dalam keadaan pana mampu membakar lemak di dalam tubuh dan sistemsyaraf. Dengan terurainya lemak tersebut maka akan mempercepat serta memperlancar sirkulasi darah dari jantung ke seluruh tubuh dan sekaligus membuang racun berbahaya di dalam tubuh.
10. Mengurangi Nyeri Saat Haid
Segelas air putih hangat bila dikonsumsi pada pagi hari bisa membantu mengurangi rasa nyeri pada wanita yang sedang datang bulan. Selain itu manfaat air putih juga mampu meredakan kram saat menstruasi.

Nah itulah manfaat dari minum air putih yang bisa Anda peroleh jika Anda rajin minum air putih, namun disarankan jangan terlalu berlebihan minum air putih dan jika minum air putih normalnya sehari cukup 2-3 liter/hari.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar