Selasa, 18 September 2012

Berbagai Manfaat Bengkoang untuk Kesehatan

Buah bengkoang kayanya kita semua sudah mengenal dengan buah yang satu ini. Buah yang sangat familiar apalagi yang suka banget makan rujak, pasti sangat sering memakan buah bengkoang. Rasanya yang manis, dan agak dingin sangat segar dimakan siang-siang. Siapa sangka jika ternyata buah bengkoang ini memiliki banyak manfaat. Untuk itu kali ini infosehatz akan memberikan informasi dari berbagai macam manfaat buah bengkoang.

Bengkuang merupakan buah yang kaya akan berbagai zat gizi yang sangat penting untuk  kesehatan terutama vitamin dan mineral. Vitamin yang terkandung dalam  bengkuang yang  paling tinggi adalah vitamin C. Sedangkan mineral yang terkandung dalam  bengkuang adalah  fosfor, zat besi, kalsium dan lain-lain. Bengkuang juga merupakan buah  yang mengandung  kadar air yang cukup tinggi sehingga dapat menyegarkan tubuh setelah  mengkonsumsinya  dan menambah cairan tubuh yang diperlukan untuk menghilangkan  deposit-deposit lemak  yang mengeras yang terbentuk dalam beberapa bagian tubuh.

Manfaat Bengkoang untuk Kesehatan


manfaat bengkoang, buah bengkuang

1. Mengobati Wasir
Kandungan serat dalam bengkuang dapat membantu mengatasi wasir. Karena salah satu fungsi serat yaitu membantu memperlancar saluran pencernaan dan pengeluaran feses sehingga tidak sulit dan tidak menimbulkan rasa sakit serta mengurangi penekanan ketika mengeluarkannya. Dengan demikian dapat mengurangi rasa sakit penderita wasir. Untuk mengatasi wasir, bengkuang dibuat dalam bentuk jus yang diminum setiap bangun tidur dan pada pagi hari.

2. Mengobati Demam
Bengkuang yang mempunyai sifat kimiawi yang berkhasiat mendinginkan dapat digunakan untuk menurunkan demam. Umbi bengkuang dapat dimakan secara langsung maupun dibuat dalam bentuk jus yang diminum pagi dan sore.

3. Baik Bagi Penderita Penyakit Diabetes Mellitus
Bengkuang dapat digunakan untuk mempertahankan kenormalan kadar gula dalam darah. Serat makanan yang terdapat dalam bengkuang berperan dalam menurunkan kadar gula dalam darah karena diserap secara perlahan dan tidak semuanya diubah menjadi glukosa. Dengan demikian serat pada bengkuang dapat mengendalikan gula darah para penderita diabetes mellitus. Dalam upaya mempertahankan kadar gula dalam darah tetap normal, bengkuang dibuat dalam bentuk jus atau dapat pula diparut kemudian disaring lalu diambil sarinya dan diminum setiap pagi dan malam hari.

4. Mengobati Sariawan
Kandungan vitamin C dalam bengkuang yang bertindak sebagai antioksidan dapat membantu mempercepat proses penyembuhan penderita sariawan. Bengkuang dapat diberikan pada penderita sariawan dengan cara dibuat dalam bentuk jus yang kemudian ditambahkan dengan madu dan air secukupnya.

5. Sebagai fitoestrogen Alami
Bengkuang merupakan salah satunya makanan yang mengandung fitoestrogen sehingga baik untuk dikonsumsi bagi mereka yang sudah memasuki masa menopause agar keluhan yang terjadi pada masa menopause dapat dihindarkan dan akan menjadikan wanita yang semakin tua menjadi semakin segar dan lebih menarik.

6. Menurunkan Kadar Kolesterol Darah
Salah satu cara menurunkan kadar kolesterol dalam darah yaitu dengan cara melakukan pengaturan makanan dengan baik dan benar. Terapi jus bengkuang dapat dilakukan untuk menurunkan kolesterol dalam darah. Kandungan air dan serat dalam bengkuang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Selain serat dan kadar air yang tinggi, kandungan vitamin C dalam bengkuang yang berfungsi sebagai antioksidan juga dapat membantu dalam proses penurunan kadar kolesterol dalam darah.

7. Mengurangi Produksi Asam Lambung
Untuk mengurangi produksi asam lambung yang berlebih, dianjurkan untuk memperbanyak makan buah dan mengurangi makanan yang berminyak dan pedas yang dapat merangsang produksi asam lambung. Ahli naturopati menyarankan untuk mengkonsumsi bengkuang segar yang dimakan dalam bentuk biasa tanpa sambal atau garam. Karena sifat umbinya yang dingin serta sifat alkali bengkuang yang cepat meyerap asam lambung yang berlebih.

8. Menjaga Sistem Kekebalan Tubuh
Kandungan vitamin C dan beberapa phytonutrien yang terdapat dalam bengkuang dapat membuat sistem kekebalan tubuh terjaga, sehingga relatif dapat terhindari dari serangan berbagai macam infeksi maupun penyakit yang disebabkan oleh virus, bakteri maupun mikroorganisme yang berbahaya.

9. mengobati penyakit beri-beri
Khasiat lain dari bengkuang yaitu dapat mengobati penyakit beri-beri akibat kekurangan vitamin B1 (thiamin). Caranya yaitu dengan mengupas bengkuang, lalu cuci bersih kemudian diparut atau dijus dengan menggunakan jus ekstraktor. Sebaiknya diminum pada waktu pagi hari atau siang hari setelah makan.

Dengan berbagai manfaat bengkoang yang sudah kami berikan informasinya di atas, semoga bisa membuat Anda lebih memahami pentingnya buah bengkoang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar