Rabu, 05 September 2012

IBUPROFEN

Komposisi :
Tiap tablet salut selaput mengandung ibuprofen 200mg.
Tiap tablet salut selaput mengandung ibuprofen 400mg.

Cara Kerja Obat :
Ibuprofen merupakan derivat asam fenil propionat dari kelompok obat antiinflamasi non steroid. Senyawa ini bekerja melalui penghambatan enzim siklo-oksigenase pada biosintesis prostaglandin, sehingga konversi asam arakidonat menjadi PG-G2 terganggu.
Prostaglandin berperan pada patogenesis inflamasi, analgesia dan demam. Dengan demikian maka ibuprofen mempunyai efek antiinflamasi dan analgetik-antipiretik.
Khasiat ibuprofen sebanding, bahkan lebih besar dari pada asetosal (aspirin) dengan efek samping yang lebih ringan terhadap lambung.
Pada pemberian oral ibuprofen diabsorbsi dengan cepat, berikatan dengan protein plasma dan kadar puncak dalam plasma tercapai 1-2 jam setelah pemberian. Adanya makanan akan memperlambat absorbsi, tetapi tidak mengurangi jumlah yang diabsorbsi. Metabolisme terjadi di hati dengan waktu paruh 1,8-2 jam. Ekskresi bersama urin dalam bentuk utuh dan metabolik inaktif, sempurna dalam 24 jam.

Indikasi :
Terapi simptomatik reatoidartritis dan osteoartritis, mengurangi rasa nyeri setelah operasi pada gigi dan dimensore.

Dosis : 
Dewasa : 200-400mg, 3-4 kali sehari.

Peringatan dan Perhatian :
Hati-hati pemberian pada penderita tukak lambung atau mempunyai riwayat tukak lambung dan penderita payah jantung, gangguan hepar, hipertensi. Hati-hati pada penderita yang sedang mendapatkan antikoagulan kumarin.

Kontraindikasi :
Penderita yang hipersensitif terhadap asetosal (aspirin) atau obat antiinflamasi non steroid lainnya, wanita hamil dan menyusui, serta anak dibawah usia 14 th.
Penderita dengan syndroma nasal polyps, angioderma dan reaksi bronchospasma terhadap asetosal (aspirin) atau antiinflamasi non steroid yang lain. Dapat menyebabkan reaksi anafilaktik.

Interaksi obat :
Asetosal (aspirin)
Dosis ibuprofen lebih dari 2,4 g per hari, dapat menggantikan warfarin dari ikatannya dengan protein plasma.

Cara Penyimpanan
Simpan di tempat sejuk dan kering

SUMBER : INDOFARMA
                   BEKASI-INDONESIA


Tidak ada komentar:

Posting Komentar