Jumat, 21 September 2012

7 Tips Mudah Agar Tidur Lebih Nyenyak


     Sahabat, tips kesehatan. Tidur merupakan aktivitas mendiamkan tubuh dan pikiran kita dalam beberapa waktu. Karena kita ketahui, sebelum kita tidur, banyak sekali aktivitas yang menguras tenaga dan pikiran kita tanpa henti. Tidur juga dapat menenangkan kondisi jiwa dan pikiran yang sedang dilanda stress. Untuk itulah kita harus menjaga kualitas tidur kita agar selalu baik. Ini ditandai dengan lebih nyenyaknya tidur kita setiap hari.

     Sahabat, tips kesehatan. Berbagai cara bisa kita lakukan agar tidur kita lebih nyenyak. Sehingga aktivitas yang akan kita lakukan saat terbangun bisa lebih optimal dan berjalan lancar. Tips kesehatan, kali ini akan membahas tips agar tidur kita lebih nyenyak. Berikut ini 7 tips agar tidur kita lebih nyenyak :
  1. Anda harus menetapkan waktu tidur dan bangun yang tepat. Jadi jika anda tidur pada jam yang sudah anda tentukan, anda harus sudah pergi ketempat tidur. Lakukan ini setiap hari. Begitu juga dengan ketika anda bangun, anda harus juga menetapkan bangun pada waktu yang sudah anda tentukan dan lakukan ini setiap hari.
  2. Anda sebaiknya tidak makan sebelum beranjak tidur dan minum berlebihan ketika beranjak tidur. Ini juga akan menganggu kualitas tidur nyenyak anda. Usahakan jangan minum kopi, merokok atau meminum minuman beralkohol menjelang tidur. Karena hal itu pula yang menganggu kenyamanan tidur anda.
  3. Membuat kondisi kamar anda lebih nyaman untuk tidur. Ini dapat dilakukan dengan mendengarkan musik yang beralunan lembut maupun menggunakan lampu kamar yang redup juga dapat membantu membuat kualitas tidur anda lebih nyenyak. Usahakan mematikan tv sebelum berangkat tidur. Agar tidak menganggu tidur anda di larut malam dengan kondisi tv yang masih menyala.
  4. Usahakan tempat tidur yang anda gunakan dapat membuat anda sangat nyaman. Dalam hal ini jangan terlalu sempit sehingga anda sulit bergerak dikasur atau tempat tidur yang anda tempati.
  5. Jika ingin kualitas tidur malam anda lebih nyenyak. Maka anda harus membatasi tidur siang anda. Dalam hal ini jangan sampai tidur siang anda terlalu lama. Usahakan tidur siang selama 10-30 menit saja. Hal ini untuk menjaga kualitas tidur malam anda lebih nyenyak.
  6. Usahakan mengolahraga tubuh anda setiap hari. Ini bisa dilakukan di waktu pagi hari dengan olahraga pagi. Hal ini dapat membantu membuat kualitas tidur anda lebih terasa nyenyak.
  7. Jika anda memiliki banyak tugas untuk esok hari atau memiliki banyak masalah esok harinya. Ada baiknya anda mencatatnya dalam buku yang berisi tentang tugas yang akan anda lakukan esok harinya atau berisi tentang segala solusi tentang berbagai masalah anda. Ini juga dapat membantu kualitas tidur anda lebih baik dan nyenyak.


         Semoga tips kesehatan yang membahas 7 tips agar tidur lebih nyenyak dapat bermanfaat bagi pembaca sekalian. Akhir kata. Salam hangat dari penulis.
    t, a, te, j, c, k, p, g, m, p, k, d, ci, v, ma.
    Sumber : mayoclinic
    Image courtesy of imagerymajestic at FreeDigitalPhotos.net

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar