Rabu, 12 September 2012

Cara Mengatasi Insomnia Susah Tidur secara Alami

Insomnia atau gangguan yang terjadi karena sulitnya tidur sepertinya penyakit seperti ini sudah banyak orang yang mengalaminya. Jika hanya sekali dua kali susah tidur mungkin itu bukan termasuk insomnia yang berbahaya, namun jika sudah mengalami insomnia sampai setiap hari maka Anda harus mengobatinya, karena dengan kurangnya tidur tentu aktifitas keseharian Anda pun bakalan terganggu karena dengan kurangnya tidur pasti badan merasa lemas, dan susah konsentrasi. Nah sebelum Anda menggunakan obat-obatan kimia mungkin ada baiknya jika Anda terlebih dahulu mencoba cara alami yang mungkin bisa meredakan penyakit insomnia Anda.

Orang yang menderita insomnia biasanya juga mengalami sakit kepala, sulit berkonsentrasi dan mudah marah. Untuk penyebab insomnia sendiri bisa datang dari beberapa hal, seperti sering bergadang, terlalu banyak mengkonsumsi makanan atau minuman yang mengandung kafein, gaya hidup yang tak sehat, dan stres. Untuk penderita insomnia kebanyakan datang dari masyarakat modern yang pada umumnya memiliki gaya hidup yang tak sehat dan tuntutan pekerjaan. Untuk Anda yang mengalami insomnia bisa melakukan berbagai cara alami di bawah ini agar terlepas dari penyakit insomnia.

Cara Mengatasi Insomnia / Susah Tidur


insomnia, susah tidur, cara mengatasinya

  1. Hindari mengkonsumsi makanan dan minuman yang mengandung kafein sebelum tidur seperti kopi dan teh, karena kandungan kafein dapat menstimulasi otak anda tetap waspada dan segar. Hindari juga rokok serta alkohol karena dapat mempengaruhi tidur anda dalam jangka waktu yang panjang.
  2. Hindari tidur yang berdekatan dengan jam tidur utama anda, seperti tidur disore hari. Ini akan membuat anda sulit tertidur di jam tidur utama anda dan akan berpengaruh pada jam bangun tidur anda.
  3. Jangan sering bergadang, bergadang akan membuat tubuh anda akan sulit tertidur ketika anda akan menghentikan kebiasaaan ini, lantaran tubuh anda sudah terbiasa tidur larut malam. Serta usahakan agar anda tidur pada jam yang sama setiap malam karena akan membuat jam bangun tidur anda juga teratur.
  4. Buang semua beban pikiran anda, kebanyakan orang tidak bisa tidur karena memiliki suatu masalah yang terus ia pikirkan. Maka, buanglah jauh-jauh masalah anda ketika tidur agar bisa tidur dengan nyaman.
  5. Tidurlah dalam tempat yang nyaman, aturlah tempat tidur senyaman mungkin menurut anda seperti dengan lampu yang temaram atau kalau perlu matikan lampu.
  6. Berolahraga dapat membuat anda tertidur lebih cepat dibandingkan orang yang tak berolahraga. Anda dapat memulainya dari olahraga kecil seperti senam, push-up atau hal lainnya.
  7. Membaca buku, kegiatan tersebut dapat membuat anda tertidur karena akan membuat mata anda lelah dan tanpa tersadar anda sudah tertidur. Untuk bahan bacaan, anda dapat membaca dari hal yang paling anda sukai seperti cerpen ataupun novel
  8. Mendengarkan musik, dengan mendengarkan musik pikiran anda akan merasa lebih nyaman dan rileks sehingga mudah tidur. Untuk musik anda dapat mendengarkan musik yang menurut anda paling nyaman untuk didengarkan seperti musik klasik.
  9. Minum Susu sebelum tidur. Triptofan dan asam amino adalah Salah satu zat yang dapat membantu Anda mendatangkan kantuk. Triptofan, asam amino adalah zat yang dapat meningkatkan kadar serotonin di otak. Sebuah studi menunjukkan bahwa mengkonsumsi triptofan dapat membantu Anda untuk tidur dengan cepat. Anda bisa mendapatkan triptofan dan asam amino dari berbagai jenis produk susu. Tidak ada salahnya menyediakan segelas susu untuk mendapatkan tidur yang berkualitas, baik dan sehat. Dan yang jelas tidak ketagihan.
  10. Berdoa sebelum Tidur. Terkesan sepele. Tapi percayalah bahwa doa mampu menghilangkan pikiran-pikiran yang gelisah setelah seharian melakukan aktivitas. Berdoa itu cara religi dan tidak akan menimbulkan efek samping sedikitpun. Bahkan anda bisa tenang dalam berdoa.
Demikianlah Cara Mengatasi Insomnia Susah Tidur secara Alami, semoga bisa mengatasi masalah Anda yang selama ini sulit tidur.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar