Selasa, 04 September 2012

CETIRIZINE Tablet Salut Selaput

Komposisi 
Tiap tablet salut selaput mengandung :
Cetirizine dihidroklorida....................................... 10 mg
Indikasi
Pengobatatan rinitis alergi menahun, reaksi alergi musiman, dan urtikaria idiopatis kronis.
Farmakologi 
Ceterizine hidroklorida adalah antihistamin yang kuat dengan potensi yang rendah untuk menimbulkan kantuk pada dosis farmakologinya dan dengan sifat anti alergi tambahan. Ceterizine adalah antagonis reseptor H2 yang selektif dengan efek yang tidak berarti pada reseptor-reseptor lain, dan bebas dari efek antikolinergik dari antiserotonin. Ceterizine menghambat fase awal reaksi alergi yang diperantarai histamin, dan juga migrasi sel-sel radang dan pelepasan mediator yang berhubungan dengan respon alergi 'lambat'.
Dosis dan Cara Pemberian
Dewasa dan anak-anak di atas 12 tahun : 1 tablet (10mg) sehari
Saat ini data klinis yang ada tidak cukup untuk merekomendasikan penggunaan cetirizine pada anak-anak di bawah 12 tahun. Saat ini tidak ada data yang menganjurkan bahwa dosis perludikurangi pada pasien lanjut. Pada pasien gagal ginjal, dosis harus dikurangi 1/2 tablet.
Peringatan dan Perhatian
Penelitan pada relawan sehat dengan dosis 20 dan 25mg/hari tidak menunjukkan pengaruh pada kewaspadaan atau kecepatan reaksi, namun pasien dianjurkan untuk tidak menggunakan cetirizine melebihi dosis yang direkomendasikan jika sedang mengemudi atau mengoperasikan mesin.
Penggunaan pada Ibu Hamil : tidak ada efek samping yang dilaporkan dari penelitian pada binatang. Tidak ada atau hanya sedikit penggunaan cetirizine pada wanita hamil. Seperti halnya obat lain, penggunaan cetirizine pada wanita hamil harus dihindari.
Efek Samping
Terkadang dilaporkan adanya efek samping yang ringan dan sementara, seperti sakit kepala, pusing, mengantuk, gelisah, mulut kering, dan gangguan saluran cerna. Jika diinginkan, dapat digunakan dosis 5mg pada pagi hari dan 5mg pada malam hari. Pada beberapa individu, reaksi hipersensitifitas termasuk reaksi kulit dan angiodema dapat terjadi.
Kelebihan Dosis
Mengantuk merupakan gejala kelebihan dosis yang terjadi pada pemberian cetirizine 50mg sebagai dosis tunggal. Pada anak-anak, kegelisahan dapat terjadi. Pada kasus kelebihan dosis yang berat harus dilakukan kuras lambung disertai tindakan pendukung yang biasa. Saat ini tidak ada antidot yang spesifik.
Kontra indikasi
Pasien dengan riwayat hipersensitifitas terhadap kandungan cetirizine.
Cetirizine dikontraindikasikan pada wanita yang sedang menyusui karena bahan aktifnya, cetirizine, dieksresikan melalui air susu ibu
Interaksi Obat
Saat ini tidak diketahui interaksi cetirizine dengan obat lain. Penelitian terhadap diazepam dan simetidin menunjukkan tidak ada bukti interaksi. Seperti halnya pada penggunaan antihistamin lainnya, dianjurkan untuk menghindari konsumsi alkohol secara berlebihan.
Penyimpanan
Simpan pada suhu kamar (dibawah 30 C), terlindungi dari cahaya
Kemasan
Dus berisi 5 blister @ 10 tablet salut selapu


Sumber : NOVELL PHARMACEUTICAL LABORATORIES
                   BOGOR-INDONESIA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar