Senin, 17 September 2012

EVALUASI PELAYANAN MUTU DI APOTEK

Indikator yang digunakan untuk mengevaluasi mutu pelayanan adalah:
1. Tingkat kepuasan konsumen : dilakukan dengan survei berupa angket atau wawancara langsung.
2. Dimensi waktu                            : lama pelayanan diukur dengan waktu ( yang telah ditetapkan).
3. Prosedur Tetap ( Protap )        : Untuk menjamin mutu pelayanan sesuai standar yang telah ditetapkan.

Disamping itu prosedur tetap bermanfaat untuk:
Memastikan bahwa praktik yang baik dapat tercapai setiap saat;
Adanya pembagian tugas dan wewenang;
Memberikan pertimbangan dan panduan untuk tenaga kesehatan lain yang bekerja di apotek;
Dapat digunakan sebagai alat untuk melatih staf baru;
Membantu proses audit.

Prosedur tetap disusun dengan format sebagai berikut:
Tujuan                    : merupakan tujuan protap.
Ruang lingkup     : berisi pernyataan tentang pelayanan yang dilakukan dengan kompetensi yang diharapkan.
Hasil                        : hal yang dicapai oleh pelayanan yang diberikan dan dinyatakan dalam bentuk yang dapat diukur.
Persyaratan         : hal hal yang diperlukan untuk menunjang pelayanan.
Proses                     : berisi langkah-langkah pokok yang perlu dilkuti untuk penerapan standar.
Sifat protap adalah spesifik mengenai kefarmasian.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar