Kamis, 03 Januari 2013

Standar Kompetensi Apoteker Indonesia


Buku Standar Kompetensi Apoteker Indonesia ini merupakan dokumen resmi dari Ikatan Apoteker Indonesia, sebagai hasil kerja kelompok yang ditugasi untuk membuat dan disyahkan oleh Pengurus Pusat Ikatan Apoteker Indonesia. Buku ini merupakan revisi dari buku terdahulu yaitu buku Standar Kompetensi Farmasis Indonesia yang disyahkan oleh Pengurus Pusat Ikatan Sarjana Farmasi Indonesia tahun 2003. 7 tahun masa berlaku merupakan masa yang memungkinkan terjadi perubahan dari sisi lingkungan dan pemikiran maupun kebutuhan praktek Apoteker di Indonesia. Walau kenyataan membuktikan bahwa secara
umum berapa persen Apoteker di Indonesia telah memenuhi standar sebagai landasan prakteknya, namun revisi tetap harus dilakukan untuk menjamin kesesuaian standar kompetensi apoteker dengan perkembangan lingkungan dan kebutuhan. Revisi diperlukan untuk menyesuaikan kompetensi yang dibutuhkan dengan permintaan masyarakat saat ini dan masa yang akan datang.
Standar kompetensi apoteker penting ada sebagai tolok ukur yang menjadi baku mutu kompetensi seorang Apoteker di Indonesia. Mengingat Standar Kompetensi Apoteker sudah dibudayakan jauh hari sebelumnya di luar negeri maka menjadi saringan bagi apoteker negara lain yang akan masuk ke Indonesia. Kompetensi adalah intelegensia intelektual yang merupakan integrasi dari pengetahuan substansial, pengetahuan kontekstual, keterampilan, pengalaman, kemampuan fisik dan pergaulan. Mengingat atribut kompetensi yang banyak tersebut maka kinerjanya diukur berdasar variasi atribut kompetensi. Perbedaan nilai pengukuran
kompetensi merupakan variasi kualitas kompetensi. Itulah mengapa perlu ada persyaratan tertentu yang harus dipenuhi seseorang dikatakan kompeten sesuai dengan kompetensinya. Standar Kompetensi ini dapat digunakan juga oleh Perguruan Tinggi yang memiliki fakultas atau jurusan farmasi sebagai acuan standar outcome dari pendidikannya.
Globalisasi menjadikan dunia sebagai sebuah kampung saja, lintas negara bisa dilakukan oleh siapapun dan oleh apapun, demikian juga dengan apoteker. Globalisasi mengharuskan kompetensi apoteker di dunia mempunyai standar yang sama atau mendekati sama, sehingga kompetensi bisa digunakan untuk menyaring apoteker dari penjuru dunia manapun, apabila menghendaki untukmasuk di sebuah negara.
Revisi kompetensi yang dilakukan mempunyai framework mendekati kompetensi-kompetensi dari negara-negara lain yang disesuaikan dengan kompetensi apoteker Indonesia, dengan demikian mendekatkan kualitas Apoteker Indonesia dengan Apoteker-Apoteker dari negara lain.
Dokumen ini adalah dokumen yang dinamis, dalam kurun waktu tertentu akan selalu diperbaharui sesuai kemajuan pengetahuan dan teknologi yang memungkinkan kompetensi profesi apoteker berubah.

Download : Standar Kompetensi Apoteker Indonesia

Kata Kunci: Standar Kompetensi Apoteker, Kompetensi Apoteker Indonesia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar