Kamis, 28 Februari 2013

Cara penanganan Radang Gusi

Posted by Basri onasis Pernahkah gusi Anda tiba-tiba membengkak ? kemungkinan anda sedang menderita radang gusi, ingin mengetahui lebih lanjut ? kita simak  tentang cara penanganan radang gusi.
Radang Gusi ( Ginggivitis ) adalah merupakan proses inflamasi pada ginggiva marginal.Radang gusi ini dapat disebabkan oleh faktor lokal maupun faktor sistemik.faktor lokal diantaranya karang gigi, bakteri, sisa makanan ( plak ), pemakaian sikat gigi yang salah, rokok, tambalan yang kurang baik.Faktor sistemik meliputi Diabetes melitus ( DM ), ketidakseimbangan hormon ( saat menstruasi, kehamilan, menopouse, pemakaian kontrasepsi ), keracunan logam, dan sebagainya.

Penderita biasanya mengeluh mulut bau, gusi bengkak mudah berdarah, tanpa nyeri, hanya kadang terasa gatal.Pada pemeriksaan gusi tampak bengkak, berwarna lebih merah dan mudah berdarah pada sondasi.Kebersihan mulut biasanya buruk.Ginngivitis herpes biasanya disertai gejala herpes simpleks.Tanda di gusi tidak disertai bau mulut.Salah satu bentuk radang gusi adalah perikoronitis yang gejalanya lebih berat : demam, sukar membuka mulut.
Penanganan
Anjurkan penderita untuk memperbaiki kebersihan mulut dan berkumur dengan obat kumur  iodium povidon atau H2O2 3% 3 x sehari selama 3 hari.Karang gigi dibersihkan dan lakukan fisioterapi oral.Bila dengan perbaikan kebersihan tidak sembuh, Amoksisilin 500 mg 3 x sehari selama 5 hari, dan perlu dipikirkan kemungkinan sebab sistemik seperti DM.Perikoronitis memerlukan antibiotik sistemik selama 5 hari : Amoksisilin atau eritromisin 500 mg 3 x sehari, dan jika diperlukan lakukan pengangkatan operculum.
 Referensi : Dari berbagai sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar