Kamis, 28 Februari 2013

7 Tanda-Tanda Tubuh Kurang Tidur

Makalah Kita Semua - Gaya Hidup Sehat Kita Semua Hari ini - 7 Tanda-Tanda Tubuh Kurang TidurMakalah Kita Semua - Gaya Hidup Sehat Kita Semua Hari ini - 7 Tanda-Tanda Tubuh Kurang Tidur. Kesibukan yang  menghimpit menjadikan tubuh bekerja lebih ekstra dari biasanya. Disaat itu energi yang dikeluarkan pun ekstra, hingga memaksa tubuh butuh istirahat lebih. Tubuh yang letih bereaksi dengan membutuhkan tidur lebih banyak dari biasanya. Kebanyakan orang kurang menyadari hal itu, yang berakibat buruk pada kondisi kesehatan. Tidur berkualitas adalah hal yang di inginkan tubuh untuk kembali pit.
Bila tubuh letih, secara langsung tubuh yang membutuhkan tidur lebih bayak akan bereaksi dengan memberikan tanda-tanda bahwa tubuh perlu lebih banyak tidur berkualitas pada anda. Berikut ada tujuh tanda-tanda yang menunjukkan tubuh kita membutuhkan tidur lebih banyak, seperti dilansir Intisari-Online.com berikut ini:

1. Cengeng.

Kurang tidur dan cengeng? Apa hubungannya ya? Menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh para ahli dari UC-Berkeley, kurang tidur sebenarnya terkait dengan ketidakmampuan tubuh menerima berita buruk. Jadi, jika kita kurang tidur, akan lebih sulit bagi kita untuk menerima berita buruk atau sedih. Atau ketika menonton film sedih, dan kebetulan kurang tidur, maka kita akan lebih sulit menahan air mata keluar.
2. Tidak bisa fokus.Kinerja otak harus prima jika kita ingin melakukan tugas-tugas harian dengan baik. Akan tetapi, jelas rasa kantuk pasti akan mempengaruhi kinerja otak untuk tetap fokus dan tetap waspada. Nah, ketika kita mengalami kurang tidur, maka akan lebih sulit untuk memproses informasi baru. Oleh karena itulah tubuh kita benar-benar membutuhkan tidur lebih banyak.
3. Merasa tidak sehat.Kurangnya waktu yang kita berikan untuk tidur juga melemahkan sistem kekebalan tubuh. Karena sistem kekebalan tubuh melemah, otomatis kita pun akan selalu merasa tidak enak badan. Jika kondisi ini terus berlanjut, maka seiring berjalannya waktu kita pun akan mudah dihampiri penyakit, jika tidak segera tidur cukup.
4. Nafsu makan.Pola makan akan menjadi kacau jika tubuh kurang tidur. Bisa jadi kita tidak memiliki nafsu makan atau justru terus-menerus merasa lapar. Karena, kurang tidur mempengaruhi hormon lapar yang menyebabkan nafsu makan menjadi tidak seimbang sehingga kinerjanya menjadi berantakan.
5. Kulit kering.Waktu tidur adalah saat tubuh memperbaiki dirinya sendiri, termasuk memperbarui sel-sel kulit. Jika kulit terasa kering, itu berarti kita benar-benar perlu tidur lebih banyak.
6. Jadi ceroboh.Apakah kita akhir-akhir ini sering menumpahkan sesuatu atau menjatuhkan sesuatu? Mengantuk juga mempengaruhi sel-sel saraf dan membuat kita menjadi ceroboh.
7. Pelupa.Kalau kurang tidur, bisa jadi kita akan sering lupa janji atau kata-kata penting yang harus disampaikan. Karena, kurang tidur membuat kemampuan memori jangka pendek menjadi terganggu.
Nah, bila tanda-tanda diatas menghampiri anda? Alangkah lebih baik anda beristirahat dan tidur sekarang!
Sumber:
Intisari-Online.com
Tags:
7 Sinyal Tubuh Perlu Tidur, 7 Tanda Tubuh Perlu Tidur Lebih, 7 Tanda-tanda tubuh kurang tidur, Sinyal tubuh kurang tidur

Tidak ada komentar:

Posting Komentar