Minggu, 16 Desember 2012

Janin 7 Bulan Bagaimana Perkembangannya?

Janin 7 bulan dalam kandungan Ibu hamil kira-kira susah bisa apa ya? Bagaimana perkembangan janin pada usia mendekati masa persalinan ini? Pada umur 7 bulan, lemak (verinix) akan mulai menyelimuti kulit janin, ini akan membuat hangat tubuh janin dan juga membuat janin tidak basah. Perkembangan otak janin pada usia ini juga tumbuh dengan pesat. Pada permukaan organ otaknya jua mulai terbentuk kerutan yang kemudian akan terus berkembang semakin pesat. Pada usia janin 7 bulan ini perkembangan otak disebutkan sebagai masa keemasan, dan ini akan berlangsung sampai pada anak berusia 5 tahun kemudian setelah dilahirkan.

Ketika memasuki usia minggu ke 25, berat janin mencapai 700 gr dengan panjang kurang lebih 22 cm. Pada usia ini biasanya juga akan dilakukan usg kehamilan, untuk memantau perkembangan janin bila terjadi masalah tertentu.

gambar foto janin 7 bulan
Ketika janin berusia 26 minggu, kulit janin akan mulai menjdi licin dan halus, ini karena darah mulai mengalir pada kulit janin. Telinga janin mulai semakin bisa mendengar suara-suara, dengan mata kecilnya yang juga sudah terbentuk dengan sempurna. Bentuk kepala kemudian berubah menjadi lebih kecil dari badannya dan menjadi proposional. Beratnya semakin bertambah, kurang lebih seberat 850 gr dengan panjang tubuhnya bertambah menjdi 23 cm. Pada usia ini, perkembangan tubuh janin akan semakin mendesak organ dalam tubuh ibu hamil, ini bisa menimbulkan beberapa gejala seperti beser, sembelit, sakit kepala, nyeri pada pinggang yang semakin sering terjdi, kram kaki dan beberapa lainnya.

Memasuki usia 27 minggu, janin bertambah semakin berat hingga lebih dari 1 kg dengan panjang 34 cm. Mata mungil janin 27 minggu juga mulai terbuka dan bisa melihat ke sekitarnya. Perkembangan indera penglihatan mulai terbentuk semakin berkembang.

Pada minggu berikutnya, janin 28 minggu perkembangan pada jaringan otaknya semakin bertumbuh, bahkan si mungil kita ini sudah bisa mengalami mimpi dalam tidurnya, lucu ya. Juga dia sudah mulai lebih aktif dalam pergerakkannya, dengan detk jantung yang semakin terasa. Dengan berat sekitar 1,1 kg dan panjang sekitar 35 sampai 38 cm, tubuhnya masih terlihat kurus. Tetapi ini tentunya lebih berisi, dengan lemk yang semkin banyaknya lemak di bawah kulit yang nampak kemerahan. Pada kepala, rambut semakin tumbuh dengan panjang, dengan kelopak mata yang sudah terbentuk, juga pada bagian alisnya. Bola mata yang semula tertutup selaput juga akan berangsur-angsur menghilang selaputnya.

Itulah beberapa perkembangan janin 7 bulan dari minggu ke minggu. Dan biasanya pada usia kehamilan ini, bagi wanita bekerja sudah mulai mendapatkan cuti untuk perseiapan kelahiran buah hati. Dan mungkin juga kita harus mempersiapkan segala sesuatunya dengan seksama, termasuk juga nama bayi tersayang nantinya, menyenangkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar