Jumat, 23 November 2012

PRILOS Kapsul (OMEPRAZOLE)

Komposisi PRILOS
Tiap kapsul mengandung :
Omeprazole.......................... 20 mg

Cara Kerja PRILOS
Prilos bekerja menurunkan sekresi asam lambung melalui hambatan yang selektif pada sistem enzim H+, K+, -ATP ase (pompa proton mukosa lambung) pada pembuluh sel parietal lambung.
Omeprazole kerjanya menghambat sekresi asam lambung atau mempengaruhi hasil akhir pada produksi asam lambung.

Indikasi PRILOS
Untuk perawatan jangka pendek duodenal ulcer (tukak usus 12 jari), gastric ulcer (tukak lambung), refluks oesophagitis erosive/ulcerativa.
Juga untuk perawatan sindroma Zolinger-Ellison.

Dosis PRILOS
Dianjurkan diberikan sebelum makan pagi.
- Untuk duodenal ulcer, gastric ulcer dan refluks oesophagitis erosiva/ulcerativa : 20mg, sekali sehari diminum dengan air.
- Pada penderita dengan gejala duodenal ulcer, pengobatan dan penyembuhan berlangsung dalam waktu 2 minggu. Bagi penderita yang belum sembuh pada pengobatan tahap awal ini biasanya memerlukan periode pengobatan selama 2 minggu lagi.
- Pada penderita dengan gejala gastric ulcer atau refluks oesophagitis erosiva/ulcerativa, pengobatan dan penyembuhan memerlukan waktu 4 minggu. Bagi penderita yang belum sembuh dibutuhkan waktu sekitar 4 minggu lagi.
- Pada penderita yang sukar disembuhkan dengan pengobatan lain diperlukan 40 mg sekali sehari dan umumnya penyembuhan dapat tercapai dalam waktu 4 minggu bagi penderita duodenal ulcer dan 8 minggu bagi gastric ulcer serta refluks eosophagitis erosiva/ulcerativa.
- Sindroma Zollinger - Ellison : dosis awal 60 mg sekali sehari. Dosis ini harus disesuaikan untuk masing-masing individu dan perawatan berlangsung selama indikasi klinis. Penderita dengan penyakit berat memerlukan dosis sekitar 20-120mg sehari. Untuk dosis lebih dari 80 mg perhari diberikan 2 kali sehari.
- Gangguan fungsi hati dan ginjal, tidak diperlukan dosis khusus.
- Untuk anak-anak : belum ada pengalaman penggunaan pada anak
- Untuk orang tua : tidak diperlukan penyesuaian dosis untuk orang lanjut usia.

Efek Samping PRILOS
Jarang terjadi : nausea, sakit kepala, diare, mual, sembelit, sakit perut dan gangguan kulit.

Peringatan dan Perhatian PRILOS :
- Untuk pengobatan pada gastric ulcer, terlebih dahulu harus disingkarkan penyakit yang berbahaya, karema pemakaian Omeprazole dapat menutupi gejala penyakit berbahaya di lambung tersebut sehingga memperlambat diagnosa.
- Sebaiknya tidak diberikan pada wanita hamil dan menyusui, kecuali dianggap perlu.

Kontra Indikasi PRILOS
Pasien yang hipersensitif terhadap Omeprazole dan komponen-komponen lain dalam formula,

Interaksi Obat PRILOS
- Prilos dapat memperpanjang waktu eliminasi Diazepam, warfarin dan fenitoin serta obat-obat yang dimetabolisme dengan oksidasi dalam hati. Perlu dimonitor bila obat-obat ini diberikan bersama-sama dengan  Omeprazole untuk disesuaikan dosisnya.
- Tidak ada interaksi dengan Propanolol atau Teofilin, tetapi mungkin dapat terjadi interaksi dengan obat-obat lain yang juga dimetabolisme melalui sistem enzim sitotkrom P-450
- Tidak ditemukan adanya interaksi antara Omeprazole dan obat-obat antasida lain yang diberikan secara bersamaan

Kemasan PRILOS
Dus, 5 strip@4 kapsul.

Penyimpanan PRILOS
Disimpan di tempat sejuk (15-25C) dan kering, terlindung dari cahaya

Harus dengan resep dokter

Kata kunci : Prilos, omeprazol, cara kerja, indikasi, dosis, efek samping, peringatan dan perhatian, efek samping, interaksi obat, penyimpanan, kemasan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar